Sistem lalu lintas roundabout (bundaran) merupakan salah satu tipe persimpangan
di jalan dimana pergerakan traffic terus mengalir mengelilingi pulau berbentuk
lingkaran di tengah, dengan memberikan prioritas jalan pada sirkulasi kenderaan
yang sedang melewati lingkaran, tanpa perlu adanya lampu pengatur lalu lintas
(walaupun pada prakteknya kadang juga dipasangi lampu lalu lintas).
Sedangkan simpang bersinyal merupakan daerah dimana dua atau lebih jalan bergabung atau berpotongan/bersilangan dengan pengoperasian sinyal lalu lintas yaitu lampu lalu lintas. Jadi, pemakai jalan hanya boleh lewat saat sinyal lalu lintas menunjukkan warna hijau pada lengan simpangnya. (Hendarto, dkk; 2001).
Sedangkan simpang bersinyal merupakan daerah dimana dua atau lebih jalan bergabung atau berpotongan/bersilangan dengan pengoperasian sinyal lalu lintas yaitu lampu lalu lintas. Jadi, pemakai jalan hanya boleh lewat saat sinyal lalu lintas menunjukkan warna hijau pada lengan simpangnya. (Hendarto, dkk; 2001).
Adapun kelebihan roundabout (bundaran)
terhadap simpang bersinyal yaitu, memberikan pilihan banyak arah keluar
persimpangan bagi pengguna jalan tanpa harus berhenti di persimpangan sehingga
dapat membantu menurunkan tingkat kebingungan arah. Kunci utama keselamatan lalu lintas
dengan bundaran ini adalah dengan mengurangi jumlah titik konflik dan
menurunkan derajatnya dari konflik utama (pertemuan silang/crossing) menjadi
konflik sekunder berupa kendaraan yang bergabung dan memisah.
Kemudian, menurunkan tingkat hambatan pergerakan traffic karena sistem ini menjaga kenderaan tetap bergerak dan mengalir walaupun dalam kecepatan yang lebih rendah.
Dengan sistem roundabout yang memberi peraturan harus menurunkan kecepatan dan prioritas memberi jalan pada kenderaan yang datang dari arah kanan membuat sistem ini menjadi salah satu metode traffic claiming, terutama dalam meredam perilaku agresif pengendara yang suka berebut jalan.
Kemudian, menurunkan tingkat hambatan pergerakan traffic karena sistem ini menjaga kenderaan tetap bergerak dan mengalir walaupun dalam kecepatan yang lebih rendah.
Dengan sistem roundabout yang memberi peraturan harus menurunkan kecepatan dan prioritas memberi jalan pada kenderaan yang datang dari arah kanan membuat sistem ini menjadi salah satu metode traffic claiming, terutama dalam meredam perilaku agresif pengendara yang suka berebut jalan.
Metode roundabout juga efektif mengurangi
tingkat kecelakaan dibandingkan dengan sistem persimpangan bersinyal (Per Erik
Garder, 2001). Data
di USA menunjukkan bahwa penggunaan bundaran pada persimpangan dapat mengurangi
tingkat kecelakaan menjadi separuh dari sebelum dipasangnya bundaran. Hal ini
disebabkan karena keharusan mengurangi kecepatan akibat adanya bundaran dan
berkurangnya titik konflik. Pengurangan kecepatan kendaraan juga menurunkan
kemungkinan meninggalnya pejalan kaki yang tertabrak kendaraan dari 85% pada
kecepatan 65km/jam menjadi 15% pada kecepatan 32km/jam (Department of Transport, 1995).
Dalam konteks perancangan area pusat kota atau lingkungan permukiman, sistem ini memberikan kemungkinan pedestrian dan sepeda dengan lebih aman.
Pada saat beroperasi pada kapasitas rencana, bundaran dapat mengurangi tundaan (delay) karena kendaraan tidak harus berhenti sebelum memasuki bundaran. Dengan tidak adanya tundaan ini juga dapat mengurangi polusi lingkungan.
Dalam konteks perancangan area pusat kota atau lingkungan permukiman, sistem ini memberikan kemungkinan pedestrian dan sepeda dengan lebih aman.
Pada saat beroperasi pada kapasitas rencana, bundaran dapat mengurangi tundaan (delay) karena kendaraan tidak harus berhenti sebelum memasuki bundaran. Dengan tidak adanya tundaan ini juga dapat mengurangi polusi lingkungan.
Metode
bundaran (roundabout) ini dapat memberikan efek yang sangat menarik bagi
pengguna jalan, namun tentu harus didasari dan dibarengi dengan desain yang
baik dan terutama perilaku yang baik juga dari pengguna jalan. Seandainya
sistem roundabout ini diterapkan dan diberlakukan sebagaimana seharusnya, dan
secara sadar ditaati, niscaya kesemrawutan lalu lintas dan hiruk pikuk suara
klakson dapat diredam.
0 Comments